Fri. Apr 3rd, 2020

Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman Latih Barcelona Tahun Ini Batal, Kok Bisa?

Pelatih timnas Belanda, Ronald Koeman dikabarkan punya perjanjian dengan Barcelona. Namun dengan ditundanya Euro ke tahun 2021, secara otomatis perjanjian itu mengalami perubahan.

Nama Koeman memang sempat disebut-sebut sebagai salah satu kandidat pelatih Barcelona di masa mendatang. Meski rekam jejaknya sebagai pelatih di level klub tak terlalu spesial, Koeman banyak dipuji setelah memimpin timnas Belanda hanya kalah 3 kali dari 18 pertandingan di semua ajang kompetisi.Pertimbangan lainnya, Koeman disebut-sebut sudah memiliki DNA Barcelona dalam tubuhnya. Semasa aktif bermain, Koeman menghabiskan enam musim berkarier di Camp Nou. Selama periode tersebut, Koeman menahbiskan dirinya jadi bek tertajam sepanjang sejarah klub dimana ia sukses mengemas 67 gol untuk Barcelona.Koeman dianggap cocok untuk membesut Luis Suarez Cs karena ia sangat setia dengan gaya bermain Barca, yakni senang memainkan formasi 4-3-3. Walau ia juga sangat fleksibel dalam mengembangkan tim dan disebut-sebut tertarik dengan formasi 3-5-2 atau bahkan 4-3-1-2.

Direktur KNVB (federasi sepakbola Belanda), Nico-Jan Hoogma pernah menyebutkan bahwa kalau Koeman punya klausul khusus dalam kontraknya dimana ia bisa meninggalkan Belanda usai perhelatan Euro 2020 jika Barcelona datang menawarkannya pekerjaan.

“Saya harap kami bisa terus bekerja sama untuk waktu yang lama. Karena saya pikir Belanda sudah berjalan sangat baik ditangan Koeman.” ujar Nico kala itu dilansir dari Fox Sports NL.

“Tapi Koeman punya hasrat sangat kuat ingin jadi pelatih Barcelona. Mari kita lihat apa yang akan terjadi. Sukses bersama Belanda pasti akan membantu dia, tapi sekali lagi, saya harap kebersamaan ini terus berlanjut hingga Piala Dunia di Qatar. Kesepakatan memang telah dibuat, dan Barcelona harus membayar tuk itu.” tandas Nico.

Sialnya, Piala Eropa 2020 sudah dipastikan ditunda untuk satu tahun kedepan karena pandemi virus Corona yang mewabah di Eropa. Mau tak mau, penundaan ini berdampak langsung terhadap perjanjian Koeman dengan Belanda, yang mana ia tak bisa melatih Barca sampai musim panas 2021 mendatang.

“Klausul dalam kontrak saya berkata bahwa saya bisa pindah ke Barcelona setelah kejuaraan Eropa. Tidak ada tanggal disebutkan dalam perjanjian itu, tapi sekarang ini, kesepakatan itu molor setelah kejuaran Eropa tahun 2021, tapi saya sama sekali tidak khawatirkan soal itu,” ucap Koeman seperti dilansir dari Marca.

Summary
Review Date
Reviewed Item
bola
Author Rating
51star1star1star1star1star